bintang jatuh br

Sunday, May 12, 2013

Cara Mudah Belajar Merajut


Cara Mudah Belajar Merajut, by Bunda Sugi

Merajut sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun. Prakteknya sangat mudah. Hanya membutuhkan sedikit keseriusan.
Postingan ini saya buat bagi mereka yang belum bisa sama sekali, dan ingin belajar merajut. Caranya sangat gampang. Ikuti ya!

Persiapan:

- Benang rajut (bisa dari benang sintetis atau bisa juga yang terbuat dari katun, warna sesuka hati)
- Hook/ hak/ songket (ukuran bermacan2, kalau saya lebih suka 2/0 atau 1/0, bisa juga pakai yang nomor 3/4) 

Cara Merajut:

contoh hasil rajutan
contoh rajutan bundasugi.blogspot.com

 

Tahap Pertama 

tempat hp mungil
1. Latihan memegang songket. 
Memegangnya tidak sama dengan cara kita memegang pisau. Tapi memegang songket sama sepeti kita memegang alat tulis. Yaitu dijepit dengan ibu jari tangan kanan dan jari telunjuk. Kemudian benang dililitkan pada ibu jari tangan kiri.

2. Latihan dasar.
Kemampuan yang harus dimiliki pertama kali adalah membuat rantai. Tentunya harus banyak latihan agar tangan menjadi terampil memegang hak dan menggerakkannya. 
Caranya: buat simpul dengan menggunakan hak, dan bagian paling ujung benang dibuat simpul mati, agar benang tidak lepas saat ditarik. Anda dikatakan bisa membuat rantai jika, dengan panjang kurang lebih 10 cm rantai yang anda buat, memiliki ukuran sama besar. Jika masih ada yang lebar dan lebih kecil, berarti anda harus latihan lagi. Jika sudah berhasil membuat rantai, tingkatkan kecepatan dalam membuat rantai. Mengapa perlu cepat, karena jika anda sudah bisa membuat rantai dengan cepat dan memiliki ukuran sama, nantinya saat anda membuat songketan dengan berbagai model tidak memiliki kesulitan. Tahap terakhir ujian anda lulus dengan baik dalam membuat rantai adalah jika rantai yang telah anda buat dengan panjang kurang lebih 15 cm, dan ketika ditarik benang dapat terlepas tanpa hambatan, berarti anda lulus. Lanjut ke tahap berikutnya. Namun jika belum lulus jangan mencoba ke tahap berikutnya, nanti saat menyongket dengan model yang sediki rumit, hak anda akan sering nyantol. dan ini akan mematahkan semangat anda dalam menyongket. Anda akan berpendapat bahwa menyongket itu sulit. Padahal kenyataannya menyongket itu sangat mudah dan menyenangkan. Bahkan dengan model tertentu, saya sesekali bisa menyongket tanpa melihat benang dan hak. lho kok bisa? Buktikan sendiri!

3. Tahap selanjutnya.
Membuat bentuk segi empat (bisa syal/ tas/ dompet) dengan songketan dua lilit.
Lihat gambar.

4. Tahap Kreatif.
Membuat bentuk segi empat dengan songketan tiga lilit.
Caranya hampir sama dengan dua lillit, kita tinggal menambah satu kali lagi lilitan, dan mengambil benangnya satu persatu. lihat gambar.

5. Tahap Imajinatif.
Jika anda sudah menguasai semua tahapan di atas, maka anda akan berhasil membuat bentuk apapun menurut imajinasi anda.
Nah selamat berlatih.

Sebaiknya anda membaca artikel berikut agar lebih mudah dalam belajar:
panduan-merajut-untuk-pemula

bundasugi.blogspot.com
benang katun (bundasugi.blogspot.com)

bundasugi.blogspot.com

bundasugi.blogspot.com

bundasugi.blogspot.com




Artikel lain:
panduan-merajut-untuk-pemula
Seni ukir sabun teknik dasar dan ide
Seni ukir sabun teknik dasar dan ide kreatif
Cara mudah membuat kerajinan rotan
Cara membuat sulam pita step by step
10 kesalahan orangtua dalam mendidik

 

27 comments:

  1. lihat rajut jadi teringat ibu, dulu ibu lisa suka sekali mengisi waktu luang dgn merajut
    salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow ibunya hebat. Kreatif. Pasti mbak Lisa juga kayak ibunya. Emang ibu dimana mbak? Salam kenal balik mbak.

      Delete
    2. Wow berarti ibunya hebat mbak. Kreatif. Pasti mbak Lisa juga. Emang ibunya sekarang dimana mbak? Salam kenal balik mbak.

      Delete
    3. Bu saya masih belum ngerti juga loh.... gimana ya...?

      Delete
    4. Mulai dari bikin rantainya aja bu. Dilemesin dulu bikin rantai. dari rantai sebenarnya juga udah bisa dibikin aneka bentuk kok, seperti syal, cardigan, taplak meja, tas, atau tatakan piring.

      Delete
  2. Untuk yang awam banget sepertiku agak sulit deh bun kalau praktek kayak gini sendiri.
    monggo bun, mampir juga di blog aku. http://ichaituika.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. uwow, jadi inget bulik dan mbak saya yang suka merajut bun hehehe, dulu mbak saya sering bikin bungan dari cup jelly trus dirajut pinggirnya, tapi sekarang uda ilang gak tau dimana :(
    saya diajarin ama ibu dan mbak gak bisa2 bund, malah mangkel yang ngajarin hehehe
    salam kenal ya bunda :D

    ReplyDelete
  4. aku suka rajut juga tapi maless bingung antara nulis rajut dan jahit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk mbak bakatnya dikembangkan terus, khan bisa nulis tentang rajut, dan tentang jahit, hehe....

      Delete
  5. mak,, coba pake fotonya mak,, asli pngen belajar rajut :(
    coba tutorial plus fotonya step by step
    hihihihi bnyk maunya ya aku :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi... iya mbak. Kapan2 ya, belum sempat nih. Gak janji sih, hehe.... takut gak bisa memenuhi. coz masih rempong. he, biasa emak2 kebanyakan domestik job.

      Delete
  6. setuju sama mbak Ika..

    untuk orang awam sepertinya sulit mempraktekkan kalau hanya melalui tulisan..

    sepertinya harus belajar dengan melihat langsung prosesnya bun ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak... mau praktek langsung ta, ayook. Datang ke rumah ya!

      Delete
  7. Step by stepnya mak.. Lebih asyik kayaknya. Aku pernah tergoda belajar merajut tapi susah jadi gak pernah jadi rajutanku xi i i i

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... iya mbak. belum sempat bikin. Mudah2n lain kesempatan bisa disempatkan. makasih ya udah mampir

      Delete
  8. Bunda creatif ya kyak q hehe pd bnget ya q.mampir di blok q ya bun n teman yg suka merajut di http//d-rajut.blogspot.com n hasil rajutanq bisa liat di fb/ google+ q ea.mkasihhhh lam kenl ya bun dari q :):)������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whaa... hobby kita sama ya! Iya, makasih juga Bund udah mampir. Salam kenal balik.

      Delete
  9. saya seneng lht rajutan..dan mencoba buat rajutan malah bingung sendiri.. kepengen lihai jd bisa buat macam2 deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merajut itu sebenarnya nggak sulit kok mbak. Awalnya dari belajar bikin rantai aja, kalo udah terlatih ntar pengembangannya gampang mbak. Tinggal lihat gambar aja bisa jadi. Coba deh,..... tapi jangan menyerah ya!

      Delete
  10. Replies
    1. waduh gimana ya....
      Kapan2 dech kalo ada waktu senggang Insyaallah saya bikinkan videonya

      Delete
  11. Bunda.. Aku mau tanya punya temen.ga di bali yg bsa ajarin merajut? Pengen belajar.. Dsni gatau belajar dmana.. Infonya ya tolong.. Makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf nggak punya. Ada temen kuliah di Bali, tapi kayaknya nggak bisa ngerajut dech

      Coba tanya google, kayaknya ada

      Delete
  12. wah pingin bisa merajut nich mak, biar bisa bikin sweater :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuk mulai dari sekarang belajarnya. Nggak sulit kok

      Delete
  13. SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1435H.
    Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
    ==============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan :
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
    ~
    Materi inti Training Pelayanan :
    -. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    -. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    Telpon & HP :
    081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
    Info lebih lanjut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~

    ReplyDelete

Tuliskan saran dan masukkan, demi perbaikan konten agar lebih bermanfaat bagi pemirsa semua