bintang jatuh br

Saturday, November 16, 2013

7 MAKANAN MEMPERLANCAR ASI

7 MAKANAN MEMPERLANCAR ASI

by Bunda Sugi


Siapa yang tidak bangga memiliki bayi sehat? Berbagai cara telah diperjuangkan oleh orangtua demi kesehatan buah hatinya. Banyak diantaranya usaha dilakukan orangtua mulai masa kehamilan hingga usia prasekolah. Memberinya susu formula, ASI, hingga suplemen vitamin, adalah bentuk-bentuk perjuangan orangtua untuk sang buah hati.

Semua itu tidak lain demi pemenuhan kebutuhan nutrisi anak agar tetap terjaga. Jika seorang ibu telah memberikan ASI eksklusif sejak kelahirannya, maka itu adalah suatu jenis usaha yang tepat. Karena di dalam ASI telah memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dapat  memenuhi semua kebutuuhan bayi.

Jenis obat-obatan maupun jamu tradisional yang dapat melancarkan ASI kini marak dijual bebas. Namun kadang oleh karena alasan tertentu, seseorang merasa malas atau enggan untuk membeli obat-obatan tersebut. Apalagi jenis jamu kadang ada yang memiliki rasa pahit. Ini tentunya menjadi salah satu alasan mengapa wanita menyusui malas minum jamu memperlancar ASI. 

Tidak perlu risau dengan pahitnya jamu. Karena andapun bisa mengkonsumsi makanan yang bisa anda olah sendiri tanpa harus menelan rasa pahit. Pun juga tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Bahkan andapun juga akan memperoleh tubuh yang sehat setelah mengkonsumsi makanan tersebut.
Berikut adalah beberapa jenis-jenis makanan yang diyakini mampu memperlancar ASI, yaitu:

1.    Daun Katuk. Daun katuk adalah sejenis tumbuhan yang hampir sama dengan buah belimbing. Ciri-cirinya memiliki bentuk daun yang kecil relatif bulat, dengan permukaan halus. Pada jaman dahulu daun ini sudah diyakini memiliki fungsi mampu melancarkan  ASI. Daun katuk mudah sekali diolah menjadi sayuran yang enak rasanya. Biasanya daun ini bisa dibuat masakan oseng-oseng, bobor, urap atau dicampur dengan sayuran lainnya. Direbuspun daun ini juga enak. Bisa dimakan bersama sambal pecel/ sambal kacang, atau sambal lainnya. Hanya saja daun katuk sangat jarang diperjual belikan di pasar. Namun, anda tidak perlu khawatir, karena dibeberapa pasar tradisional daun ini tersedia.

2.    Kacang-kacangan. Kacang-kacangan termasuk dalam makanan yang tinggi protein. Oleh karenanya wanita menyusui sebaiknya banyak mengkonsumsi ini. Tujuannya adalah agar produksi serta kualitas ASI bisa meningkat. Begitu mudahnya cara pengolahan kacang, maka tidak ada alasan lain bagi anda untuk tidak mengkonsumsi kacang. Mengingat manfaat yang diperoleh sangat bagus. Ditoko-tokopun tidak sulit menemukan makanan ini.

3.    Susu. Hampir sama dengan kacang, susu juga kaya akan kandungan vitamin serta protein. Oleh karenanya susu sangat bagus dikonsumsi oleh ibu menyusui. Bahkan dewasa ini telah banyak beredar susu yang khusus diperuntukkan bagi ibu hamil dan menyusui. Dengan mengkonsumsi susu selama hamil atau menyusui, sama halnya meningkatkan kualitas ASI.

4.    Daun pepaya. Tidak asing lagi, anda mungkin juga telah mengetahui bahwa daun pepaya memiliki rasa yang pahit. Oleh karenanya tidak semua orang menyukai jenis sayuran ini. Tapi, jangan antipati dulu lhoh Bun! Karena meski rasanya pahit, sayuran ini dapat membantu melancarkan ASI. Perlu anda ketahui bahwa di dalam daun pepaya terdapat kadungan zat-zat yang mampu melancarkan serta meningkatkan kualitas ASI. Untuk mengurangi rasa pahitnya, biasanya daun pepaya dimasak bersamaan dengan sayuran lainnya. Umumnya daun singkong yang dijadikan sebagai campurannya. Konon jika daun singkong dimasak secara bersamaan dengan daun pepaya, maka rasa pahit daun pepaya akan berkurang. Cara menyajiannyapun sama dengan sayuran lainnya. Bisa dibuat oseng-oseng, ataupun dimakan dengan sambal kacang atau sambal pecel. Bisa juga dimasak dengan sambal kelapa atau urap-urap. jika dicampur dengan saun singkong agak banyakkan enak juga dimasak bumbu rendang. Siipp... deh rasanya

5.    Sawi hijau. Anda tentunya tidak asing lagi mendengar nama sayuran ini. Karena sayuran ini sangat mudah diketemukan. Hampir setiap penjual sayuran selalu menyediakannya. Sayuran ini juga memiliki khasiat mampu melancarkan produksi ASI. Namun kualitasnya tidak sebagus daun katuk atau daun pepaya.
6.    Daun kenikir. Sama-sama memiliki rasa pahit. Hanya saja bedanya, pahit yang ada dalam daun kenikir lebih samar. Namun daun kenikir memiliki aroma yang khas. Bagusnya daun kenikir dapat menyebabkan ASI keluarnya tidak encer. Cara memasaknyapun tidak jauh berbeda dengan daun pepaya.

7.    Buah pala. Buah pala sebagai bumbu masak, disinyalir memiliki khasiat mampu melancarkan ASI. Biasanya pala dipakai untuk mengompres bagi ibu yang menyusui. Caranya, sediakan air hangat pada sebuah baskom, lalu campurkan buah pala yang telah ditumbuk. Kemudian siapkan kain lembut atau washlap, gunakan untuk mengompres payudara. Cara ini mampu melancarkan peredaran darah serta mampu mengurangi rasa sakit oleh karena pembengkakan pada ibu menyusui. Baik dilakukan sesaat sebelum menyusui. Selamat mencoba!

2 comments:

  1. informasinya sangat menarik makasih sudah disampaikan salam sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... semoga bermanfaat

      Delete

Tuliskan saran dan masukkan, demi perbaikan konten agar lebih bermanfaat bagi pemirsa semua